Cari Disini!

Kembalikan Performa Terbaik Satria F150 dengan Servis Besar

Adsense
Siapa rider yang tidak ingin menunggangi motornya dengan nyaman, enak digunakan, tarikan padat  & ngisi, konsumsi bahan bakarnya efisien. Tentunya, sebagian besarnya menginginkan hal yang sama, menginginkan performa terbaik motornya.
 Apalagi kamu, kamu, dan iya kamu itu lho yang motornya Satria F150. Pasti kamu gak mau kan ketinggalan sama motor yang lain karena tarikan kurang responsif?”
Motor Satria F150 yang bermesin DOHC dengan 4 klep ini memang identik dengan tenaga dan kecepatannya yang dahsyat.

Pemiliknya pun mayoritas muda-mudi yang sangat bernyali, yang selalu memperhatikan performa motornya, khususnya speed & powernya.

Tak heran jika mereka sering bolak-balik keluar-masuk bengkel, entah itu melakukan servis rutin, meningkatkan performa, atau sekadar konsultasi mengenai tunggangannya. Terlebih ketika mereka menemukan bunyi kasar pada mesin motor dan tenaga yang kurang maksimal.

Servis Besar itu Apa?

Setelah sebelumnya telah dipublikasikan artikel mengenai servis rutin / servis ringan (baca disini atau disini), kali ini akan sedikit saja dibahas mengenai servis besar, khususnya motor Satria F150.
Pada dasarnya, pengerjaannya sama dengan servis besar motor lain, yaitu melakukan pengecekan bagian dalam mesin dan membersihkan sisa-sisa hasil pembakaran mesin dengan cara membongkar dan menurunkan bagian atas mesin (mulai dari cylinder head cover, cylinder head, sampai cylinder block jika diperlukan).
Begitu cylinder head cover & cylinder head Satria F150 dibuka, dilakukan pengecekan terhadap rantai keteng (cam chain) & bantalan rantai keteng (guide & tensioner cam chain), serta seher (piston) & ring seher (ring piston set) pun tak luput dari pengecekan. Pembersihan kerak-kerak sisa pembakaran yang menempel di permukaan seher dan keempat klepnya, kemudian mengeset ulang jarak kerenggangan klep masuk (valve intake) dan klep buang (valve exhaust).
Berdasarkan anjurannya, pada kilometer 20.000 atau maksimal 25.000 km jarak yang telah ditempuh (kurang lebih 1 tahun pemakaian), itulah waktu yang ideal untuk dilakukan servis besar pertama. Berikutnya dilakukan servis besar berdasarkan kelipatan kilometer atau lama waktu pemakaian yang telah disebutkan.
Jika telah selesai diservis besar, performa motor Satria F150 kamu pasti akan kembali ke performa terbaiknya. Tarikannya enteng, suaranya adem, tenaganya kenceng lagi Bro & Sis!
“Kalo Satria F150 mu sudah diservis besar, siapkan dan NYALAKAN kembali NYALIMU!!! Tapi tetap jadi biker yang bijak. Keep calm & safety riding, Bro Sis!!!”

Saya cukupkan artikel ini sampai disini dulu, untuk mengetahui gejala apa saja yang mengharuskan motor diservis besar dibahas di artikel ini: baca disini!
Salam satu aspal!

No comments:

Post a Comment

Jika ada yang mau ditanyakan tentang artikel ini, silahkan bertanya dan berkomentar sesuai topik, di form komentar!

Jika mau lebih private, kirimkan e-mail di halaman "Hubungi Kami" atau chat langsung via Whatsapp!

Lihat Arsip