Cari Disini!

Masalah pada Motor GSX-R150 dan Penyelesaiannya di Beberapa Kasus Ringan

Adsense
GSX-R150 merupakan salah satu motor dengan teknologi canggih yang diproduksi oleh perusahaan ternama, Suzuki. Dalam rangkaian mesinnya tertanam banyak sensor canggih sehingga membuat motor ini memiliki performa yang luar biasa. Selain itu, dengan sensor keamanan yang dimilikinya menjadikan motor ini menerima penghargaan sebagai motor terbaik 2017 (sumber: http://suzuki-motor.co.id/pub/news/suzuki-gsx-r150-motor-terbaik-2017/)

Seberapa canggih fitur keyless ignition system  yang terdapat pada motor GSX-R150 ini, bisa ditemukan di artikel: "Keberhasilan Suzuki Menciptakan Sistem Keamanan Canggih pada GSX-R150".

suzuki-motor.co.id
Penyematan banyak sensor di dalam mesin GSX-R150 menghasilkan kinerja yang sangat baik pada motor ini. Namun, di balik kelebihan pasti ada kelemahan, seperti halnya pada motor ini.

Di artikel kali ini akan saya share pengalaman beberapa masalah yang mungkin dialami penunggang GSX-R150 beserta analisa dan penyelesaiannya. Bukan hanya karena kelemahan pada sensor canggih motor ini, tapi perilaku pemilik dan faktor lainnya juga menjadi penyebab masalah dalam beberapa kasus.

Bagi sebagian bikers motor lain (bukan hanya GSX-R150 saja), dari beberapa kasus ringan berikut ini juga terkadang dialami mereka dan mudah untuk diselesaikan. Namun, bagi pengendara motor pemula seperti saya hal ini cukup membuat panik. Berikut ini kasus-kasusnya:

Kasus 1:

Di awal pembelian, unit GSX-R150 sama sekali tidak memperlihatkan gejala dan tanda-tanda akan susah dinyalakan. Normal seperti pada umumnya unit motor yang baru dibeli. Belum juga puas menunggangi “Si Kuda Kencang” ini, pemiliknya harus pergi ke luar kota meninggalkannya bersama motor Suzuki lainnya di rumah karena urusan mendadak. Namun ternyata, motor ditinggal dalam jangka waktu yang cukup lama. Berbulan-bulan lamanya. Hingga satu waktu, ketika pemilik motor kembali pulang ke rumah, menemukan kondisi mesin motor GSX-R150 yang susah dinyalakan.
Lihat Analisa dan Penyelesaian Kasus 1 disini =>

Kasus 2:

Motor yang awalnya normal tiba-tiba muncul pemberitahuan pada display speedometernya tulisan “FI” yang berkedip dibarengi dengan lampu simbol FI menyala berwarna jingga (oranye). Padahal, motor ini belum lama diservis. Namun, tidak ada yang berubah pada performanya, speed & powernya masih tetap sama seperti biasanya.
Lihat Analisa dan Penyelesaian Kasus 2 disini =>

Kasus 3:

Performa motor tidak ada yang berbeda, sama seperti pada saat pertama menggunakannya. Namun, ada sedikit yang mengganggu pandangan mata disini. Lampu Indikator keyless menyala terus setelah memarkirkan motor dan mematikan switch kontak. Seharusnya, pada keadaan normal, lampu indikator ini akan padam setelah knob kontak diputar ke posisi “off”.
Lihat Analisa dan Penyelesaian Kasus 3 disini =>

Kasus 4:

Muncul kode engine stop dengan tulisan “CHEC” pada digital speedometernya sehingga mesin motor tidak bisa dinyalakan.
Lihat Analisa dan Penyelesaian Kasus 4 disini =>

Kasus 5:

Kasusnya hampir sama dengan kasus 2. Muncul tulisan “FI” dan lampu simbol FI menyala pada digital speedometer. Namun yang terjadi disini, motor tidak bisa dinyalakan.
Lihat Analisa dan Penyelesaian Kasus 5 disini =>



Analisa dan Penyelesaian Masalah

Kasus 1:
⇒Analisa:
Voltase  aki berkurang.
Ketika jalur kelistrikan pada aki motor tidak diputus pada waktu yang lama sementara mesin motor tidak dinyalakan, maka arus listrik dari aki akan terus mengaliri komponen-komponen listrik pada motor. Sementara aki tidak dipasok arus balik dari spul yang diam, akibatnya aki jadi tekor.
⇒Problem solving:
Lakukan pengecasan (charge) aki selama kurang lebih 4 jam sebelum menyalakan motor kembali. Jika sekiranya tidak ada charger, bisa lakukan jumper dengan aki lain yang voltasenya baik.

 
Kasus 2:

⇒Analisa:
Soket switch select tertekan beban cukup berat atau bisa juga setelan kopling terlalu dekat.
⇒Problem solving:
Periksa socket switch select yang terdapat di dalam jok belakang dan atur posisinya hingga mendapatkan cukup ruang dan tidak tertindih / terbebani barang lain.
Jika masih bermasalah, atur ulang setelan kopling ke setelan normal atau setelan jauh.

Kasus 3:

⇒Analisa:
Soket kelistrikan bermasalah.
⇒Problem solving:
Lepaskan kabel yang terhubung pada aki untuk memutus arus listrik dari aki.
Periksa dan bersihkan semua soket kelistrikan terutama pada bagian “Keyless Controller”, karena di bagian ini sangat sensitif pada kotoran, air dan benda asing lainnya.

Kasus 4:

⇒Analisa:
Tombol “engine stop” aktif, voltase aki berkurang, atau bisa juga jalur kabel “engine stop” bermasalah.
⇒Problem solving:
Periksa dan non-aktifkan tombol “engine stop” yang terdapat pada stir sebelah kanan.
Jika masih bermasalah, periksa voltase aki. Masih saja bermasalah? Periksa jalur kabel “engine stop”. Sebelum melakukannya, putuskan terlebih dahulu arus listrik dari aki. Periksa dan perbaiki kabel yang terputus atau terjepit pada jalur tersebut, karena bagian ini juga cukup sensitif.

Kasus 5:

⇒Analisa:
Jalur kabel sensor utama bermasalah, atau bisa juga kemungkinan lainnya.

⇒Problem solving:
Putuskan arus listrik dari aki, kemudian periksa dan perbaiki bagian jalur kabel sensor-sensornya. Jika masih bermasalah segera hubungi atau bawa ke bengkel resmi Suzuki terdekat.

Dari kasus-kasus ringan tersebut terdapat beberapa yang bisa diselesaikan sendiri oleh sebagian bikers, namun jika anda ragu bisa menyelesaikan sendiri alangkah lebih baik jika anda menghubungi dealer dan membawa motor yang bermasalah ke bengkel resmi Suzuki, karena selain menjaga garansi motor anda, disana terdapat mekanik-mekanik handal yang bersertifikat resmi.

Silahkan berkomentar atau live chat via Whatsapp jika anda mengalami kasus lain di luar yang telah disebutkan, mudah-mudahan bisa kita selesaikan bersama. Atau silahkan periksa motor GSX-R150 Anda, apakah perlu dilakukan perbaruan kualitas atau tidak, disini: Suzuki Quality Update


NB: Sedikit melenceng tapi masih berkaitan, sebagai catatan tambahan untuk artikel ini:
"Jangan anggap sepele binatang pengerat yang mungkin hidup bersama dengan keluarga di rumah bro sis, karena binatang ini mempunyai cukup kekuatan untuk merusak motor kesayangan kita".

Semoga bermanfaat!

Keep safety riding!
Salam satu aspal!


Baca Artikel Lainnya:



106 comments:

  1. Saya juga pengguna GSXR150 saya punya kendala di eror F1.tapi eror akan muncul klo kita lagi jalan.klo awal star dan jalan normal aja tpi klo udah jalanan lebih dari 60 km/jam.pas kita lepas atau kendorin gas nya.agap aja lepas pedal gas nya mka motor pasti akan melambat.disaat itu lah baru keluar eror F1 nya dan gak mau hilang klo ga di matikan lagi dan bila kita biarkan begitu terus pasti klo sudah agak panas engine nya juga mati juga dan susah di star harus matiin lgi baru normal.kira" apa mslh nya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa dilakukan pengecekan bagian ECM & throttle body..

      Delete
    2. Bang mau tanya motor saya baru 3 bulan lupa ga di panasin seminggu,pas mau dinyalain susah banget ga nyala2 keyles nya ga bisa diputer mati total itu gmna solusi nya bang ,mohon pencerahannya

      Delete
    3. Lihat penyelesaian di kasus 1

      Delete
    4. Saya watu itu ganti handel nah switch koplinga ga kepasang jdnya F1 itu knp?

      Delete
  2. Saya pengguna Gsxr150 ada sedikit kendala kenapa tiba-tiba keyless tidak berfungsi padahal baru pemakaian satu bulan??dimana kah kendalanya!!
    #Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan dipastikan terlebih dahulu apakah remote keyles dalam mode "ON".

      Delete
  3. Saya membuka.tangki.kok ga bisa ya,,.padahal posisi kunci keyless sudah.di.posisi ° saya cbut ke.atas tetap ga bisa,,.jdi ga bisa pakek anak kunci keyless

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dipastikan terlebih dahulu cara memposisikan knob kontak ke titik putihnya sama seperti ketika ingin menyalakan motor. Knob diaktifkan (ditekan) lalu posisikan ke titik putih saat indikator keyless menyala (lampu warna biru menyala selama 4 detik).

      Delete
  4. Kemarin sementara di jalan motor saya tiba-tiba mati padahal jalan sementara rame-ramenya, sementara masihh gigi 3, biasanya sih bisa dstarter kalo giginya masuk, lah kok semalam harus netral dulu baru bisa distarter ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa diperiksa kabel Switch Clutch yg di bagian handle kopling. Kemungkinannya, kotor, kurang pas, atau sudah rusak.

      Delete
    2. Mas saya mau nanya kenapa ya motor saya timbul F1 sama sensor engine menyala dan tidak mau di running

      Delete
    3. Kalo switch clutch nya tdk trpasang gimana? Krna ganti handle

      Delete
  5. Kenapa motor sya tiba2 tidak ada pengapiannya.kira2 masalahx apa?

    ReplyDelete
  6. Indikator lamp oli masih hidup padahal sudah di ganti oli mesin nya..

    Mohon penjelasan Pak guru.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aiiih,, kok geli ya dipanggil pak guru. :)
      Pada fungsinya, indikator tsb hanya sebagai pengingat pengendara kapan waktunya ganti oli/servis dan tidak serta merta bersih/hilang setelah oli diganti.

      Cara memebersihkan display pengingat tsb setelah ganti oli cukup mudah:
      -> tekan & tahan kedua tombol yg ada di speedometer pada kondisi kontak OFF,
      -> sementara kontak kemudian diaktifkan ke posisi ON,
      -> tunggu beberapa saat (tetap tekan dan tahan kedua tombolnya) sampai tulisan pengingatnya hilang.

      Selamat mencoba!

      Delete
  7. motor gsx saya apabila distarter kurang lebih 1 menit baru bisa dstarter/mesin nya baru nyala. mohon penjelasan nya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau sampai 1 menit setelah tombol starter mesin baru bisa nyala, saya kurang paham (Coba cek nomor rangka motornya apa masuk ke dalam kategori harus ganti Idle Gear starter).
      Tapi kalau agak telat kira2 1-2 detik baru bisa nyala setelah tombol starter ditekan, kemungkinannya kotor aja switch nya.

      Delete
  8. Motor sy gk bs d starter krna ad indikator f1 nyala sm indikator engine nyala....
    Solusi, y gmn om.... Mtr udh stahun...

    ReplyDelete
  9. Pak saya mau naya pak, motor saya kendarain berapa meter mati, terus saya kendarain berapa meter tiba2 bagi lagi pak, setelah itu saya stater kadang mau nyala, kadang engga bisa, setelah nyala saya jalankan berapa meter tiba2 mati ,apa y ya mas, terus di spedometer y engga ada muncul sama sekali normal seperti biasanya ,mohon penjelasanya, dan infonya pak pada GSX-R159

    ReplyDelete
  10. Coba diperiksa saringan udara dan cap busi, serta bersihkan throttle body.

    ReplyDelete
  11. mau tanya gan
    saya ada GSX R150
    tiba2 pagi hari saya mau nyalakan mesin tiba2 indikator fi muncul check engine berkedip, dan ketika saya coba start mesinnya hanya bunyi "ctek-ctek" diikuti suara fule pump seperti awal di on kan
    al hasil mesin tidak bisa menyala.. mohon sarannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. voltase aki & sekringnya dicek, gan...

      Delete
    2. sekarang sudah bisa start om, tapi mesin ga hidup di start dynamo starter sudah bekerja setelah saya ganti aki, tapi masih belum bisa nyala mesinnya, kaya motor kehabisan bensin yang berusaha di start
      apaya lagi ya ini?

      Delete
    3. Kalau sudah gitu dicek pengapiannya gan..
      Agan coba share juga kronologisnya bisa sampai begitu.

      Delete
  12. punya saya mati keseluruhan(spedo mati cuma ada tanda -), knob tidak nyala sama sekali(nyala biru), tidak merespon remote, kira2 apanya ya? padahal pagi sebelumnya normal saya pake kerja. umur motor udah 2 tahun, apa iya akinya soak, masa tidak ada tanda2, mana bengkel suzuki jauh lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba ditekan dan tahan knob kontaknya kira-kira 2-3 detik, apakah lampu indikator birunya berkedip? Kalau iya, ada kemungkinan masalahnya ada di remote (bisa jadi baterainya).

      Delete
    2. Ralat: tekan dan tahan knob kira-kira 5-6 detik

      Delete
    3. Lampu jarak jauh indikator nyala terus pdahalah motor hidup normal mohon solusinya om

      Delete
  13. Gan, saya pengguna gsxr 150. Kadang sewaktu start pertama pagi hari, mesin nyala,kemudian selang 2-5 detik kemudian mati sendiri, kemudian di start lagi kembali normal. ( tuas tidak di gas). Apakah injeksinya/ businya. ( pemakaian -+5 bulan, awal kerasa di bulan ke 5 ini.) Pemakaian normal dalam kota saja. Mohon pencerahannya gan. Mksh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah sama nih kayak saya. Motor saya malah masih 1 km (baru banget). Kalo diblayer, baru lancar dia nyala terus motornya. Kenapa ya...

      Delete
  14. Pagi om...mau tanya nih
    Kenapa yaa tiba2 motor gsx r150 saya pas di starter keluar kode f1 di sertai lampu indikator kuning menyala..dan juga bunyi tiittt..
    Mesin nyala tp gak bisa idle.gas di lepas lgsg mati
    Mohon pencerahannya om..??
    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba bersihin throttle body dan soket-soket sensor-sensornya, sebelumnya dipastikan filter udara juga aki masih dalam kondisi baik dan voltasenya cukup (>12,4 V).

      Delete
    2. Kasus sama muncul enginge cek dan F1 tidak bisa idle langsung mati

      Delete
    3. Apakah dari busi ya gan?

      Delete
    4. Selamat pagi om punya saya tu lampu indikator injeksi menyala terus kalau buat berjalan di sepido kedip* tulisan FI tapi mesin masih bisa dihidupin dan masih setabil lah ..mohon pencerahanya om.. makasih

      Delete
  15. Hallo om... Sya pengguna gsx r150.. kendala saya, led speedometer, klakson, rating kiri kanan n stoplamp tdak berfungsi... Sikringnya normal, sdah di ganti... Kira2 solusinya gimana???

    Thankss

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo juga! Sebaiknya dibawa ke bengkel resmi biar bisa dilakukan pengecekkan menyeluruh.
      Untuk kemungkinan penyebabnya (dalam kondisi kelistrikan standar), bisa jadi dari relay fan (kipas).

      Delete
  16. Hay mas broo Sen gua ngk nyala terang seperti baru di nyalain keylessnya mas brooo

    ReplyDelete
  17. Pak mau tanya sepertinya saya lupa mematikan kontak dan kondisi motor masih on tapi tidak saya nyalahin,alhasil motor saya mati total modul keyles tidak menyala sama sekali?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dari pengalaman yg bapak alami, seharusnya dengan menggunakan aki baru bervoltase baik, motor bapak bisa kembali normal.

      Delete
  18. salut sama yg punya blog, selalu jawab klo ada pertnyaan mantaaap

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahahaha bisa aja! Terimakasih sudah mampir!

      Delete
  19. Pak saya mau tanya. Motor saya memang jaramg dipanasin, trs td saya panasin nyala. Ga brapa lama itu dimatiin sama ade sayam udh gitu ga nyala lg di starter? Itu kenapa yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba dulu distarter sambil grip gas dibuka gan!

      Delete
  20. Salam...saya mau nanya,motor saya baru 7 bulan dan dalam kurun waktu tersebut jarak tempuh motor sudah di km 7000an dan suka touring luar kota...kendala yang saya rasakan adalah waktu keadaan macet parah di perkotaan tak jarang kipas radiator otomatis menyala (mungkin karena tingginya temperatur mesin) lalu mesin motor langsung mati...terus dalam akselerasi agak tinggi di jalanan agak menanjak suara mesin ngletrek bila buka tuas gas setengah putaran...setiap service ke bengkel resmi suzuki saya komplain supaya di cek dibagian mesin tapi para mekanik bengkel selalu bilang "normal" dan "normal" katanya...selalu bilang seperti itu tanpa di cek part apa yang harus diperbaiki/diganti...padahal saya tau persis bahwa motor saya setingan-nya kurang enak kalo lagi dikendarai cuma saya gak ahli dalam urusan bongkar mesin...mohon solusinya...terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam juga!
      Saya coba jawab yg agan alami.

      Soal mesin mati pada saat suhu tinggi ada beberapa kemungkinan, bisa dari cap busi, koil, pelumas yg dipakai, bisa juga ada bagian yg malfungsi dari sensornya (malfungsi sensor ditandai muncul indikator di display speedo).

      Untuk suara ngletrek, sepertinya sudah bawaan motor. Coba pakai pelumas mesin yg SAE nya lebih kental.

      Delete
    2. Sama motor saya juga begini saya udah ganti koil, cap busi sampe Gonta ganti oli tetep masih begitu, kenapa ya gan?

      Delete
    3. Jika dari beberapa kemungkinan yg paling dekat dengan masalah tsb ternyata tidak ada perubahan, ada baiknya diserahkan ke BERES Suzuki agar diperiksa lebih lanjut, karena tidak menutup kemungkinan bagian-bagian part seperti silinder atau juga fuel pump perlu diganti.

      Delete
  21. Kalau kontak on terus speedmeter gak mau nyala kenapa ya bang?

    ReplyDelete
  22. Suhu...motor saya knpa ya klok distat gak mau hidup,kadang hidup tpi di rpm 2000an terus mati seperti brebet,terus susah hidup..kira" apa nya ya suhu
    Klok bisa minta kontak whatsappnya biar bisa lebih konsultasi✌trmksh

    ReplyDelete
  23. halo min , saya mau minta solusi nih gsxr saya pemakaian 2 tahun ini kampas koplingnya sudah aus, namun saat sudah ganti part kampas koplingnya tenaga motor tetap loyo itu kenapa ya min? atau mungkin bagian sehernya sudah kotor? oiya satu lagi rante ketengnya sudah kendor min , pernah di kencangkan di beres suzuki namun kembali kendor. sehingga ada bunyi tek tek tek di mesin dalam keadaan mesin menyala langsam maupun dalam motor berjalan dalam keadaan mesin mati.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo juga!
      Berdasar asumsi saya, pemakaian normal motor selama 2 tahun, jarak yg sudah ditempuh sudah sangat jauh ya. Itu berkisar 40-50 rb kilometer. Biasanya di kilometer tsb, beberapa part sudah seharusnya diganti karena aus, termasuk salah satunya kampas kopling.
      Serta, jangan lupa di kilometer tsb kerak sisa pembakaran sudah sangat tebal kalau belum pernah sama sekali dibersihkan. Hal ini bisa menjadi salah satu penyebab tenaga berkurang.

      Sebagai anjuran, coba saja diservis besar biar bisa dibersihkan kerak-keraknya sekalian dilakukan pengecekkan rantai keteng dan klep-klepnya untuk tujuan mengembalikan performa serta mengurangi bunyi ngletek.

      Semoga bisa membantu!

      Terimakasih sudah berkunjung!

      Delete
  24. Assalamualaikum bang,
    Gsx saya klo abis jalan suka ada bunyi "tek" sesekali.. itu knp yak bang? Normalkah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wassalam...
      Kalau saya tidak salah perkiraan, mungkin yg dimaksud adalah bunyi dari pelepasan panas knalpot kali ya.. :)

      Delete
  25. Bang mau tanya dong GSX r ane kok ada suara tek2 an ya di gear depannya? Padahal motor baru pake 2 bilulan lebih dengan odo 3000km

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama seperti motor berpenggerak rantai lainnya, biasanya gear depannya kering.
      Dikasih pelumas saja melalui Base Gear Shiftingnya yang di cover gear depan.

      Delete
  26. Bang ketika saya habis cuci motor ,kenapa lampu keylesny nyala terus,apa benar soketnya sensitif terhadap air

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih telah berkunjung!
      Untuk sebagian besar motor injeksi yg notabene dibekali banyak sensor, sangat sensitif terhadap benda asing, terutama pada bagian soket2 kelistrikannya.

      Delete
    2. Jdi bg solusi nya?.

      Habis itu pagi nya hilang tpi malah susah di starter awal nya? Apakag aki nya bisa soak bang kan remot sudah kita off kan

      Delete
  27. mas saya mau nanya kenapa motor gsx r150 saya tanda netralnya tidak mau nyala dan kenapa mesin radiatornya cepat panas mas?
    ada 2 pertanyaan tolong dijawab mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih mas @Reizky telah mampir.
      Menanggapi pertanyaan tentang indikator Netral tidak menyala, biasanya terjadi ketika Switch Netral (Base assy gear shift) pada motornya sudah aus/rusak.

      Untuk radiator atau pun mesin yg cepat panas, tidak perlu khawatir akan hal tsb.
      Jika panasnya abnormal atau melebihi dari batasnya, indikator OVERHEAT pada speedometer akan menyala. Ketika itu terjadi segera periksakan ke bengkel resmi.

      Delete
  28. Ada rekomendasi bengkel non resmi yang ada di jakarta?

    ReplyDelete
  29. Mas mau tanya GSX saya pas ganti perseneling sering mati.tidak bisa distarter keciali posisi N dan saya liat di odometer ada tulisan chec. Apa yg rusak ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk starter yg hanya bisa dilakukan di posisi N (netral) biasanya dikarenakan tuas kopling belum benar-benar ketarik atau juga switch starter pada tuas kopling tsb bermasalah.

      Untuk tulisan CHEC yg muncul di speedometer, biasanya berkaitan dengan batterry (accu) atau juga tombol stop engine.

      Delete
  30. Gan mau nanya mtr saya gsx 150r knp kalo belok brebet dan mati stater sih gampang lgsg nyala tlg infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinannya ada pada kabel gas yg jalurnya kurang bebas disertai kotornya throttle body motor agan.

      Delete
  31. Thtotle body itu apa gan... maaf

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa dibilang karburatornya motor injeksi gan.
      Coba digoogling untuk pengertian jelasnya. :)

      Delete
  32. Yg saya alami kira2 sama. Fi nyala. Jadi wktu gnti kopling sensor kopling yv di bawwh handle kejepit(kabel yg di soket deket kopling) itu tidwk pas pemasanganya. Setelah di lakukan pemasangan ulang smpe sekarang ga pernah nyala fi nya. Itu kira2 pengalaman saya bro. Menhenai fi nyala

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup, betul gan. Kabel switch itu juga salah satu penyebab muncul FI.
      Terimakasih sudah share pengalamannya!

      Delete
    2. Slamat malam mas saya mau naya,tiba" motor gsx r saya di stater tdk nyala dan lampu indikator nyala serta muncul tulisan FI saya coba risert muncul kode c23,mksd nya kerusakan apa ya mas.
      trimakasih.

      Delete
    3. Biasanya ga jauh dari kabel yg putus digigitin tikus penyebabnya, mas.

      Kalo dari kode yg munculnya C23, bisa dicek bagian sensor kemiringan motor di bawah tangki.

      Delete
  33. Bang Dodoit saya mau tanya. Kenapa motor saya gsx ga mau nyala klo g idle. Kaya stasioner terlalu langsam trus mati. Klo pas di start harus di tarik gas. Tapi klo di lepas mati lagi. Tolong bang dodo pencerahanya. Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya throttle body motor Abang sudah waktunya diservis.

      Delete
  34. Motor saya awal'y gnti baterai remot karna gak konek ke keyless & hasil'y oke. Lalusya perbaiki kabel sein depan yg putus & skarang dah normal. Tp skarang setelah kontak di on timbul FI,, dinamo stater normal tp engine gak mau hidup. Lalu saya cek swicth sensor'y & timbul kode C23 & C42. Apa yg hrs sya lakukan & bagaimana cara mereset kode kerusakan tsb...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya kalau muncul kode C23 disebabkan oleh sensor kemiringan motor tsb tidak pada posisi yg benar.

      Untuk kode C42, yg pernah dialami, itu diakibatkan adanya error pada jalur antara kontak -> modul keyless -> ECM. Coba dicek barangkali ada yg putus kabelnya.

      Lebih jelasnya, agan bisa googling mengenai kode tsb.

      Delete
  35. Assalamualaikum.. bang saya ada kendala. Muncul kode c42 di suzuki gsx r150. Cara ngatasin nya gmna..? Terimakasih.

    ReplyDelete
  36. Saya pengguna gsxr150. Dan saya punya kendala di lampu indikator key. Stelah swit key di posisi off. Blu eye nya masih menyala redup dan tidak mati mati. Dan setelah di posisi on. Klo setarter. Ada suara tidak nor mal bunyi nya kasar. Padahal mlm tida seperti itu. Kejainya pas pagi. Sampe sekarang. Mohon penjelasan nya.@ Trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama bg aku juga gitu tpi pagi nya mati dia. tapi susah di starter jdi nya apa kah itu bisa buat soak btre bng?

      Delete
  37. Assalamualaikum min, saya pengguna gsx r150 mau nanya, motor gsx saya kalo pas jalan di rpm rendah misal kecepatan 15/17 itu motor suka ndut ndutan kaya motor mau abis bensin knpa ya. Apa perlu ganti busi kah, apa harus service trotlebody kondisi pemakaian motor udah 2tahun setengah. Mohon pencerahan nya min. Trimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wassalam...
      Saya asumsikan motor agan masih pakai knalpot standar.
      Dengan gejala yg diceritakan bisa dilakukan servis throttle body (TB) & injectornya karena bisa jadi ada penyumbatan di 2 part tsb.

      Delete
  38. Oh ya, trimakasih berkat ngikutin arahan mimin motor saya normal lg. Saya mau berbagi pengalaman dikit,smoga bermanfaat, motor sya kmren juga pernah muncul f1 saat kondisi motor baru jalan brapa meter dan saya tarik gas itu pasti nyala f1, setelah sya telusuri ternyata kabel swit kopling ya bermasalah dan kabel yang di bawah jok belakang tertekan beban, dan setelah saya sesuaikan lg alhamdulillah normal lg nyampe sekarang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, senang bisa membantu.
      Terimakasih juga telah berbagi pengalaman disini, itu bisa membantu pembaca lain juga.

      Delete
  39. Maaf saya mau tanya. Kenapa gsx sy sering kali. Setelah saya pakai dan berhenti lalu mematikan kontak dan coba meng on kan kontak lagi. Tiba2 muncul tulisan CHEC. Padahal switch sudah di posisi on. Tp masih saja ada tulisan CHEC.
    Kira2 apa ya penyebabnya. Dan sy sudah coba buka switch on off dan tdk ada kendala pada swicthnya. Dan setelah nunggu beberapa waktu, kadan setengah jam saja motor bisa normal kembali. Tp kadang bisa berjam2 motor masih aja ada tulisan CHEC.
    Mohon pencerahan nya. Trimakasi.

    ReplyDelete
  40. Motor GSX saya ada beberapa keluhan :
    Motor susah starter (susah hidup),klu pas mau hidup rpm tinggi (diangka 3),akan tetapi ketikan gas diputar motor mau mati.

    Sudah dilakukan penggantian baterai keyless dan pembersihan trotlebody,akan tetapi masalahnya masih blm selesai.

    Mohon saran dan masukannya ya BPK....

    ReplyDelete
  41. Pagi om saya mau nanya saya mau beli gsx r 150 cuma minus staternya custem modip apa nanti akan bermasalah dikedepannya mohon arahannya baiknya gmn

    ReplyDelete
  42. Malam bang...ada motor gxsr150 udh lama di tinggal pemiliknya 1 bulan gk pernah di kasih panas... setelh yg punya balik dri tugas pas motor mau di kasih panas aki drop. Dn setelh di bawa ke bengkel resmi suzuki ternyata kabel2 putus di hajr tikus.... dn setelh di perbaiki... motor menyala normal.tpi lampu indikatornya menyala. Dn egine stopnya gk fungsi.... masalhny dmn biasanya ya bang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk pengerjaan servis di bengkel resmi, biasanya bergaransi sampai 1 minggu setelah pengerjaan. Karena itu, lebih enaknya agan konfirmasikan kembali kondisi motor yang masih ada trouble tsb.

      Delete
  43. Sore bang..gsx saya termasuk kategori kasus 1, problem solving nya Saya sudah lakukan jumper dengan aki lain lalu distarter berhasil nyala, lalu sekitar 20 menit saya off dan on kembali saat distarter masih tidak menyala dengan tanpa bantuan aki jumper lagi, mohon solusinya bang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan jejak disini!

      Kalo seperti itu kemungkinan besar aki motor abang sudah minta diganti tuh. Untuk pastinya coba dicek kondisi aki di bengkel aki atau bengkel lain yg memungkinkan, apakah masih baik dan bisa dicharge atau sebaliknya.

      Delete
  44. Salam pengguna gsx, saya mau tanya motor gsxs saya klo di nyalakan bunyi tapi di rpm tinggi putus pengaapian, itu apa ya mas kendalanya

    ReplyDelete
  45. Permisi, kalo cara menghilangkan atau reset kode c42 secara manual itu gimana caranya.. @ pengguna gsx

    ReplyDelete
  46. Bang mo nnyak
    Motor gsx ane lampu keylees hidup ters walopun udh. Matikan dri remot nya juga sma aja terus kan kejadian nya malamm ydh nunggu deh smpek bsok. Udh keesokan hri nya lampu nya udh mti tpi di starter gak hidup hidup cumak start doang tpi mesin gak hidup itu knpa ya bg. Apa kah gara gara itu batrai bissa jdi soak? Walopun remot sudah d mtikan. Terimksih

    ReplyDelete
  47. Assalamualaikum, bertanya Suzuki GSX sy setelah service dan ganti oli tarikan terasa berat, km 3000, tarikan sebelumnya ringan. Trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam,
      Oli motor GSX150 series yg digunakan biasanya bervolume 1300ml & memiliki spesifikasi SAE 10W-40 SL MA. Coba diingat kembali waktu ganti oli jenis & volume oli yg dipakai. Trims

      Delete
  48. Cara setting kopling kalo terlalu dekat gimana suhu :)

    ReplyDelete
  49. gigi masuk trus dipencet kopling baru distater ga jalan staternya?

    ReplyDelete
  50. Ass...
    Maaf bang Admin ,
    Mau minta infonya.
    Saya pengguna GSX sudah mencapai 3 tahun lebih..
    Kendala gsx sy ketika mw distater bunyi ctak-ctek...
    Itu sarannya bagaimana ya.?..
    Trimakasih..

    (Salam dari serang_Banten)

    ReplyDelete
  51. Siang min, maaf ganggu waktunya
    Mau tanya, saya pengguna GSX S 150
    2 Bulan lalu sempat ganti ecu ke SARP punya cuma saya karena ingin balik lagi ke ecu standar, pas saya pasang kok speedometernya error ya min pada bagian konsumsi bahan bakarnya
    Itu bagaimana ya min cara perbaikinya ya ?

    Cara mengatasi supaya gak error untuk konsumsi bahan bakarnya di gsx s nya bagaimana ya min ?

    ReplyDelete
  52. Tolong jawab bang !!
    Motor saya muncul kode C00 nah otomatis saya matiin dan pas daya hidupin itu gabisa nyala nunggu 1jam itu kenapa ? Kan gada eror arti kode itu semua dicek bagus listrik segala mcm tolong jawab

    ReplyDelete
  53. Motor gsx saya pas lagi jalan tampilan kecepatan di spido meter ngaco loncat loncat angka nya kaya error.. itu kenapa ya,

    mohon pencerahannya 🙏

    ReplyDelete
  54. Saya mau tanya,kenapa gsx saya kalo sudah panas suka mati sendiri terus kalo di stater lagi nya tetapi sekitar beberpa meter mati lagi di stater idup lagi dan begitu terus sepanjang jalan..kira2 apanya ya..mohon bantuannya ..trima kasih

    ReplyDelete
  55. Bang mau tanya Ini lampu kyles saya yang warna biru ga mau Mati padahal sudah saya Off kan stopkontaknya,, Kira kira penyakitnya Dimana ya mas,, sudah saya Cek tapi ga bisa Mati itu lampunya,, mohon penjelasannya suhu,,

    ReplyDelete
  56. Apakah melepas sensor speed gsx ,merusak ecu dan mesin

    ReplyDelete
  57. Kalo tombol adj gsx r tidak berfungsi kenapa ya🙏

    ReplyDelete

Jika ada yang mau ditanyakan tentang artikel ini, silahkan bertanya dan berkomentar sesuai topik, di form komentar!

Jika mau lebih private, kirimkan e-mail di halaman "Hubungi Kami" atau chat langsung via Whatsapp!

Lihat Arsip