Cari Disini!

Perhatikan Gear Set Roda Motormu!

Adsense
Fungsi Gear Set 
Gear set yang dimaksud disini merupakan rangkaian penggerak yang terdiri dari gerigi (baca: gear) depan, rantai, dan gerigi roda atau gerigi belakang. Gear set ini biasanya dikenakan pada motor bertransmisi manual, gunanya sebagai penyalur tenaga yang dihasilkan mesin melalui kolaborasi antara gear depan dan gear belakang dengan rantai sebagai penghubungnya.

Sedikit informasi, rantai sendiri berasal dari kata benda yang menurut http://kbbi.kata.web.id/?s=RANTAI berarti tali dari cincin yang berkaitan, biasanya dibuat dari logam, plastik, dan sebagainya.

Selain sebagai penghubung antar-gear, ternyata rantai juga berfungsi sebagai peredam untuk mengontrol perubahan mendadak output mesin dan pengereman mesin.

Jadi, gear depan sebagai penggerak, rantai sebagai penghubungnya, gear belakang yang digerakkan secara bersamaan mengirimkan tenaga ke roda belakang.


Perlukah Gear Set diganti? Bagaimana jika tidak diganti?
Rantai mulur, kendur dan aus.
Gear depan belakang aus dan runcing
Rangkaian kesatuan penggerak roda ini selalu bersinggungan dan bergesekan, terutama yang disebabkan oleh salah satu bagian dari gear set ini, iya, dia adalah rantai.

Seiring waktu dan pemakaian, rantai akan aus karena bergerak menarik gear belakang dengan kecepatan yang sangat tinggi. Selain itu, lingkungan dan perilaku pemilik motor dalam merawatnya juga menjadi faktor penyebab keausan ini. Pun begitu dengan gear depan dan belakang.

Jika menggunakannya berlebihan tanpa menghiraukan penggantian, gear dan rantai menjadi tidak mampu menyalurkan tenaga mesin secara maksimal dan efisien.

Tarikan jadi kendur karena torsi yang disalurkan ke roda belakang menurun. Sejalan dengan itu, maka konsumsi bahan bakar menjadi semakin meningkat.

Yang fatalnya adalah rantai lepas atau dislokasi dari mata gear ketika motor dikendarai dengan kecepatan yang sangat tinggi. Maka yang terjadi? Bisa dibayangkan ya?

Atau yang benar-benar fatal adalah ketika mata rantai putus pada saat kecepatan yang sangat tinggi, sehingga terpelanting masuk ke dalam posisi gear depan berada dan mengakibatkan mesin motor tidak bisa bergerak.

Rantai putus karena pemakaian berlebih.
Kalau kejadiannya siang, masih bisa cari-cari bengkel buat ganti gear set baru. Kalau kejadiannya malem? Udah bengkel ga ada yang buka, angkot ga lewat-lewat, jalanan sepi lagi. Apessss... Apesss dah gue.

So, ayo lihat lagi gear set motor kita, siapa tahu sudah aus dan waktunya diganti. Jangan sampai terjadi seperti dalam gambar.

Pilih gear set sesuai dengan tipe kendaraan kita. Sangat tidak dianjurkan mengganti secara eceran, maksudnya hanya beberapa bagian dari gear set.

Mudah-mudahan bermanfaat!

No comments:

Post a Comment

Jika ada yang mau ditanyakan tentang artikel ini, silahkan bertanya dan berkomentar sesuai topik, di form komentar!

Jika mau lebih private, kirimkan e-mail di halaman "Hubungi Kami" atau chat langsung via Whatsapp!

Lihat Arsip