Cari Disini!

Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Mengendarai Motor di Musim Hujan

Adsense
edorusyanto.wordpress.com
Bagi pengendara motor, apapun cuaca & musimnya, kemarau ataupun hujan, perjalanan harus tetap ditempuh. Fokus saat berkendara menjadi kunci dan modal paling utama dalam perjalanannya agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Apalagi, di bulan November ini, wilayah Cirebon yang sudah merata diguyur hujan setiap harinya, dibutuhkan konsentrasi yang ekstra saat berkendara. Oleh karena itu, kali ini kami coba berikan beberapa tips dan saran kepada pembaca sebagai pengingat dan mudah-mudahan bermanfaat ketika mengendarai motor saat musim hujan.

Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan dan dipersiapkan terlebih dahulu sebelum berkendara di musim hujan:
  1. Jas Hujan (Raincoat)
    Apapun kondisi dan cuacanya, jas hujan harus selalu siap tersedia menyertai perjalanan kita. Simpan dalam bagasi motor jika sedang tidak diperlukan. Ada baiknya jenis jas hujan yang dibawa jas hujan yang menutupi bagian tangan dan kaki secara keseluruhan, bukan jas hujan “Batman”.
  2.  
  3. Ban (Tyre)
    Periksa alur (groove) ban, apakah ban masih layak untuk dipakai atau sudah aus dan tipis, karena alur tersebut akan sangat berfungsi di jalanan yang basah. Hindari pemakaian ban dengan ukuran tapak ban yang lebih kecil dari standar pabrikan. Pemakaian dengan ukuran ini akan meningkatkan resiko kecelakaan saat berkendara di jalanan basah. Memakai ukuran ban yang sesuai standar pabrikan adalah pilihan yang tepat saat berkendara di musim hujan.
    Lain halnya dengan tekanan angin ban, anjuran dari pabrikan biasanya 29 psi untuk ban depan dan 33 psi untuk ban belakang dalam kondisi normal. Untuk melintas di jalanan basah lebih baik mengurangi sedikit tekanan angin yang dianjurkan.
  4.  
  5. Helmet
    Siapkan helm berstandar dengan penutup kaca bening. Tujuannya agar penutup kaca bisa digunakan sesuai fungsinya dan melindungi mata dari derasnya hujan.
  6.  
  7. Kondisi Motor
    Selalu periksa kondisi motor, terutama bagian pengapiannya. Mulai dari busi (spark plug), cap busi (high tension cord seal), seal busi, sampai koil (ignition coil). Periksa bagian-bagian sealnya jangan sampai tetesan air hujan rembes ke pengapian, jika tidak menginginkan motor mogok di tengah guyuran hujan. Jangan terlewatkan juga untuk memeriksa kondisi rem dan lampu penerangan utama.
  8.  
  9. Gadget
    Lindungi gadget kesayangan dan alat elektronik lainnya dengan plastik atau simpan ke dalam wadah yang sekiranya terhindar dari rembesan air hujan.

Setelah dipersiapkan semua, lakukan perjalanan disertai hal-hal berikut:
  • awali dengan berdoa agar selamat dalam perjalanan,
  • kendalikan motor dengan kecepatan stabil,
  • kurangi kecepatan saat melintasi genangan air,
  • posisikan jarak aman dengan kendaraan di depan,
  • hindari mengerem mendadak, dan
  • hargai pengguna jalan lain.

Jika hal-hal tersebut dilakukan, setidaknya bisa meminimalisir resiko kecelakaan dalam berkendara saat musim hujan.

Keep safety riding!
Salam satu aspal!

Semoga bermanfaat!

No comments:

Post a Comment

Jika ada yang mau ditanyakan tentang artikel ini, silahkan bertanya dan berkomentar sesuai topik, di form komentar!

Jika mau lebih private, kirimkan e-mail di halaman "Hubungi Kami" atau chat langsung via Whatsapp!

Lihat Arsip