Cari Disini!

Daftar Biaya Servis Motor Bengkel Resmi Suzuki SMG Cirebon (Part 2)

Adsense
Hai, Bro & Sis! Bagaimana kinerjamu hari ini?
Bagaimana performa motormu hari ini?
Mudah-mudahan semuanya masih dalam keadaan baik, ya!

Seperti yang telah dibahas pada artikel sebelumnya mengenai biaya servis motor di bengkel resmi, beberapa orang masih saja mempermasalahkannya, terutama pada besaran biaya servisnya. Memang, seberapa mahal biaya servis motor di bengkel resmi Suzuki?

Pada artikel biaya servis bagian 1 (Part 1), telah dirincikan daftar biaya servis rutin, servis besar, dan turun mesin untuk tiap-tiap unit motor sesuai klasifikasinya. Masihkah berpikir mahal?

Di daftar biaya servis motor bengkel resmi Suzuki SMG Cirebon (part 2) kali ini, dirincikan biaya ganti gear set, ganti laher (bearing) roda belakang, dan  bongkar pasang CVT motor Suzuki, tentunya yang berlaku di bengkel resmi Suzuki SMG Cirebon bro sis. Mari kita lihat daftarnya!

Ganti Gear Set
Jika rantai roda sudah mulur, setelan rantai gear roda belakang sudah berada di ujung paling belakang, dan mata geriginya sudah aus (lancip, runcing, atau apapun itu namanya), jangan biarkan berlama-lama dengan kondisi tersebut, bro sis, bahaya. Segerakan ganti dengan yang baru! Lihat tabel berikut ini untuk mengetahui biaya bongkar pasang ganti gear set motor Suzuki menurut tipenya:

GANTI GEAR SET
Tipe Motor
Biaya
BEBEK 2 TAK
35.000
BEBEK 4 TAK
35.000
MATIC
-
SATRIA FU150 (KARBU) & THUNDER125
35.000
GSX150 SERIES
65.000
THUNDER250
50.000
INAZUMA GW250
50.000
BURGMAN UH200
-


Ganti Bearing Roda Belakang

Sering merasakan roda belakang goyang?
Ga banget deh ya rasanya, beda lagi kalau ngerasain goyangan penyanyi dangdut - itu sih mantaaap, hehehehe.

Salah satu kemungkinan penyebabnya adalah laher (bearing) roda belakang sudah aus, bro sis. Coba periksa kondisi roda belakangnya, jika roda digoyang-goyang terasa ada pergerakan posisi pada poros as roda nya, kemungkinan besar memang lahernya harus diganti. Berapa biayanya? Cekidot!

GANTI BEARING RODA BELAKANG
Tipe Motor
Biaya
BEBEK 2 TAK
17.000
BEBEK 4 TAK
17.000
MATIC
-
SATRIA FU150 & THUNDER125
17.000
GSX150 SERIES
17.000
THUNDER250
20.000
INAZUMA GW250
20.000
BURGMAN UH200
-

Servis / Bongkar Pasang CVT

Pada motor skuter matic, jenis transmisi yang digunakan adalah transmisi otomatis atau yang dikenal dengan CVT (Continuously Variable Transmission). Komponen-komponen penggerak CVT, seperti sabuk (V-belt), kampas ganda (clutch shoe), roller, dan lain sebagainya berada dalam crankcase yang dilindungi oleh penutupnya (clutch cover). Karena dilindungi oleh penutupnya itu, pengendara motor skuter matic hanya bisa melihat kondisi komponen CVT jika penutup dibuka.

Ribet juga, ya. Cuma pengen lihat kondisi komponennya harus bongkar-pasang rumah kopling.

Untuk mengurangi hal yang tidak perlu, pabrikan memberikan anjuran untuk mengganti sabuk (v-belt) setiap rentang kilometer 20.000. Lalu, biayanya berapa untuk bongkar pasang CVT?

SERVIS / BONGKAR PASANG CVT
Tipe Motor
Biaya
BEBEK 2 TAK
-
BEBEK 4 TAK
-
MATIC
40.000
SATRIA FU150 & THUNDER125
-
GSX150 SERIES
-
THUNDER250
-
INAZUMA GW250
-
BURGMAN UH200
60.000

"Setiap pengerjaan ada biayanya, ya?"

Bengkel itu pada dasarnya menjual jasa, bro sis. Setiap ada pengerjaan baru yang bertolak belakang atau tidak berhubungan dengan pengerjaan awal, maka biaya pengerjaannya pun berbeda. Misalnya, servis rutin dan bongkar-pasang roda, karena berbeda pengerjaan maka biaya yang dikenakan pun dihitung per pekerjaan.

Lain halnya jika pekerjaan awal yang diminta misalnya ganti laher roda belakang, kemudian pekerjaan yang kedua ganti kampas rem belakang. Karena pekerjaan awal dan kedua masih dalam kaitan yang dekat, maka biaya yang dibebankan hanya untuk satu pekerjaan saja. Begitu, bro sis!

Baiklah, saya cukupkan artikel mengenai daftar biaya servis motor bengkel resmi Suzuki SMG Cirebon (part 2), lain waktu kita sambung lagi.

Satu hal lagi sebagai pengingat, harga atau biaya dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan.

No comments:

Post a Comment

Jika ada yang mau ditanyakan tentang artikel ini, silahkan bertanya dan berkomentar sesuai topik, di form komentar!

Jika mau lebih private, kirimkan e-mail di halaman "Hubungi Kami" atau chat langsung via Whatsapp!

Lihat Arsip